event & sayembara

Sayembara Perancangan Gedung Museum Pacitan

 

SIFAT SAYEMBARA

Sayembara ini bersifat terbuka bagi anggota IAI  perorangan/kelompok yang bersertifikat. Dilangsungkan dalam Satu Tahap yang langsung dipilih pemenangnya serta bersifat Rahasia; dalam hal ini penjurian tertutup. Bangunan Museum Pacitan utamanya direncanakan sebagai bangunan yang menampung berbagai benda perjalanan kepemimpinan Kepresidenan RI keenam. Dapat dikatakan bangunan ini memiliki fungsi gabungan dari perpustakaan, museum dan ruang pameran benda peninggalan bersejarah tersebut. Sayembara Perancangan Gedung Museum Pacitan diperlukan untuk menggali gagasan-gagasan kreatif terutama dari masyarakat arsitektur Indonesia, sehingga sebagai sebuah bangunan museum yang relatif masih cukup terbatas keberadaannya di Indonesia, akan dapat memperkaya khasanah arsitektur museum di Indonesia, sekaligus sebagai generator peningkatan kualitas lingkungan binaan di Kabupaten Pacitan.

PERSYARATAN  PESERTA

  1. Peserta terbuka untuk anggota IAI (perorangan atau kelompok) bersertifikat.
  2. Dalam sayembara ini tidak diperkenankan untuk diikuti oleh para pihak-pihak yang terkait dengan dewan jurimaupun panitia penyelenggara baik secara pribadi maupun profesional (saudara / rekan kerja satu kantor) guna menghindari konflik kepentingan didalam proses penilaian. Apabila terjadi hal demikian, maka panitia penyelenggara dapat membatalkan kepesertaannya (diskualifikasi).

PENDAFTARAN SAYEMBARA

  1. Pendaftaran dilakukan atas nama peserta yang bersangkutan dan peserta tersebut menjadi  ketua tim/penanggung jawab atas hasil perancangan.
  2. BUKTI TRANSFER PENDAFTARAN dikirim via email kepada panitia penyelenggara ke sayembara@iai.or.iddan melengkapi FORMULIR PENDAFTARAN yang tersedia (tercantum pada halaman Lampiran).
  3. Peserta  dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- ditransfer ke : Bank Mandiri cab JDC acc. No. 117.0094017407 a/n IKATAN ARSITEK INDONESIA
  4. Pengambilan TOR/KAK dan form data identitas dapat mengunduh/download di bagian dokumen di bawah ini atau permohonan melalui email sayembara@iai.or.id
  5. Batas waktu Pendaftaran melalui email paling lambat adalah 14 Maret 2014

PENJURIAN SAYEMBARA

Penjurian bersifat tertutup dan rahasia. Para juri sayembara ini adalah:

  1. Prof. DR. Ir. Gunawan Tjahjono, IAI
  2. Ir. Ikaputra, M.Eng.,Ph.D
  3. Dr. Ir. Baskoro Tedjo, IAI
  4. Dr. Ing. Ir. Bambang Soemardiono, IAI
  5. Ir. Sugeng Gunadi, MLA, IAI
  6. Ir. Arya Abieta, IAI
  7. Ir. Joessair Lubis, CES

HADIAH SAYEMBARA*

  • Pemenang Pertama 100 juta rupiah+sertifikat+plakat
  • Pemenang Kedua     50 juta rupiah+sertifikat+plakat
  • Pemenang Ketiga      25 juta rupiah+sertifikat+plakat

*pajak ditanggung oleh panitia

JADWAL SAYEMBARA

Pengumuman/Undangan Kepada Peserta : 14 Februari 2014
Penjelasan : 28 Februari 2014
Pendaftaran/Konfirmasi Keikutsertaan : 14 Februari 2014 s/d 14 Maret 2014
Jangka Waktu Pembuatan karya : 14 Februari 2014 s/d 14 Maret 2014
Penyerahan karya : 14 Maret 2014
Penjurian : 15 Maret 2014
Expose 3 karya terbaik dan penetapan pemenang : 17 Maret – 24 Maret 2014

SEKRETARIAT

Sekretariat Panitia Pelaksana Penyelenggaraan SAYEMBARA PERANCANGAN GEDUNG MUSEUM PACITAN BIDANG PENGHARGAAN DAN SAYEMBARA KARYA ARSITEKTUR IKATAN ARSITEK INDONESIA [IAI] Gedung Jakarta Design Center, lantai 7 Jl. Gatot Subroto, kavling 53 Jakarta 10260 Telp : 021-5304715 / 021-5304623 Contact Person:

  • Putri
  • Titi

Sayembara Desain Wisma Negara Di Makassar

Tujuan Sayembara

Sayembara Desain Wisma Negara di Makassar bertujuan untuk mendapatkan desain Bangunan Wisma Negara terbaik yang dapat diwujudkan dalam pembangunan bangunan Wisma Negara yang berlokasi di Makassar.

Persyaratan Peserta Sayembara

  1. Sayembara ini terbuka bagi masyarakat luas baik perorangan maupun kelompok, perusahaan maupun profesional;
  2. Penanggungjawab/Team Leader kelompok harus memiliki sertifikat keahlian (SKA) Ikatan Arsitek Indonesia. Salinan SKA yang masih berlaku tersebut wajib disertakan dalam formulir pendaftaran;
  3. Bagi masyarakat/peserta yang ingin mengikuti sayembara namun memiliki keahlian selain yang tersebut diatas, disarankan membentuk kelompok yang melibatkan personal/ahli yang memiliki pengetahuan di bidang Arsitektur sebagaimana Butir b. tersebut;
  4. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 (satu) karya namun dalam pendaftaran yang berbeda;
  5. Dalam sayembara ini tidak diperkenankan untuk diikuti oleh para pihak yang terkait dengan dewan juri maupun panitia penyelenggara baik secara pribadi maupun profesional (saudara/rekan kerja satu kantor) guna menghindari konflik kepentingan didalam proses penilaian. Apabila terjadi hal demikian, maka panitia penyelenggara dapat membatalkan kepesertaannya (diskualifikasi).
  6. Pemenang Utama Sayembara akan dilibatkan dalam penyusunan Detail Engineering Design Pembangunan Wisma Negara di Makassar

Hadiah Sayembara

Sebagai wujud penghargaan bagi Karya Sayembara Terbaik akan diberikan hadiah*) yang pembagian sebagai berikut :

  • Pemenang Pertama: Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Lima Juta Rupiah) serta Piagam dan Plakat
  • Pemenang Kedua: Rp. 25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah) serta Piagam dan Plakat
  • Pemenang Ketiga: Rp. 15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah) serta Piagam dan Plakat

*) pajak ditanggung oleh pihak pemberi tugas

Tahapan dan Waktu Pelaksanaan

Sayembara
Pengumuman, Pendaftaran/Pengambilan Dokumen : 10 Februari – 17 Maret 2014
Aanwijzing / PenjelasanTeknis Sayembara : 17 Pebruari 2014
Pengumuman Berita Acara Aanwijzing : 18 Pebruari 2014
Pemasukan Karya Sayembara : 20 Februari – 17 Maret 2014
Pemeriksaan Berkas : 17 Maret 2014
Penjurian Tahap I : 18 Maret 2014
Penjurian Tahap II : 23 Maret 2014
Pengumuman Pemenang : 23 Maret 2014
Penyerahan Penghargaan : 24 Maret 2014
Pasca Sayembara
Koordinasi Penyelenggaraan Pameran : Ditentukan Kemudian
Pameran Hasil Karya Pemenang Sayembara : Ditentukan Kemudian

Penjurian Sayembara

Penjurian dilakukan secara tertutup dan rahasia. Dewan Juri Sayembara Desain Wisma Negara di Makassar terdiri atas : 1.    Sekretariat Negara 2.    Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum 3.    Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) 4.    Akademisi 5.    Budayawan.

Penyelenggara Sayembara

Penyelenggara Sayembara Desain Wisma Negara  ini adalah Dinas Tata Ruang dan Permukiman Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Daerah Sulawesi Selatan. Alamat Dinas Tata Ruang dan Permukiman Prov. Sulsel adalah Jalan A.P. Pettarani 90 Makassar, Telp. 0411-458489. Informasi lebih lanjut tentang sayembara ini dapat menghubungi : –    I Nyoman Subawa, SST (HP. 04115070027 / 08152560022 / 085341722968) –    Ir. M. Lottong Makkaraka (HP. 0811449861) –    Andi Edy AS (HP.082189141404) Sekretariat Sayembara Desain Wisma Negara di Makassar: Dinas Tata Ruang dan Permukiman Provinsi Sulawesi Selatan Jl. A.P. Pettarani No. 90 Makassar Telepon/Fax : 0411-458489 Email : sayembarawismanegara@gmail.com, iai_sulsel@yahoo.com

Sayembara Konsep Desain Gedung Pusat Budaya Indonesia (PBI) di Dili, Timor-Leste

SIFAT SAYEMBARA

Sayembara ini bersifat terbuka bagi anggota IAI  perorangan/kelompok yang bersertifikat. Dilangsungkan dalam Satu Tahap yang langsung dipilih pemenangnya serta bersifat Rahasia; dalam hal ini penjurian tertutup. Pemenang dari hasil penjurian tersebut kemudian akan dipublikasikan ke media website resmi Kementerian Luar Negeri di www.kemlu.go.id, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di www.kebudayaan.kemdikbud.go.id, dan www.iai.or.id, maupun mailing-list arsitek. Pemenang yang memiliki persyaratan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, dapat dilibatkan dalam pelaksanaan pengembangan rancangan pada tahap selanjutnya, dan akan mendapatkan kompensasi atau jasa perencanaan sesuai dengan porsi keterlibatannya dalam tim pelaksanaan pengembangan rancangan.

PERSYARATAN PESERTA

  1. Peserta terbuka untuk anggota IAI (perorangan atau kelompok) bersertifikat
  2. Dalam sayembara ini tidak diperkenankan untuk diikuti oleh para pihak-pihak yang terkait dengan dewan juri maupun panitia penyelenggara baik secara pribadi maupun profesional (saudara / rekan kerja satu kantor) guna menghindari konflik kepentingan didalam proses penilaian. Apabila terjadi hal demikian, maka panitia penyelenggara dapat membatalkan kepesertaannya (diskualifikasi).

PENDAFTARAN SAYEMBARA

  1. Pendaftaran dilakukan atas nama peserta yang bersangkutan dan peserta tersebut menjadi  ketua tim/penanggung jawab atas hasil perancangan.
  2. BUKTI TRANSFER PENDAFTARAN dikirim via email kepada panitia penyelenggara ke sayembara@iai.or.id dan melengkapi FORMULIR PENDAFTARAN yang tersedia (tercantum pada halaman Lampiran).
  3. Peserta  dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- ditransfer ke : Bank Mandiri cab JDC acc. No. 117.0094017407 a/n IKATAN ARSITEK INDONESIA
  4. Pengambilan TOR/KAK dan form data identitas dapat mengunduh/download dari website  www.iai.or.id atau permohonan melalui email sayembara@iai.or.id
  5. Batas waktu Pendaftaran melalui email paling lambat adalah 06 Maret 2014

PENJURIAN SAYEMBARA

Penjurian bersifat tertutup dan rahasia. Dewan Juri Sayembara Pendirian Pusat Budaya Indonesia (PBI) di Dili, Timor-Leste adalah terdiri dari unsur :

  1. Kacung Marijan (Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
  2. Muhammad Anshor (Direktur HAM dan Kemanusiaan, Kementerian Luar Negeri)
  3. Ir. Adhi Moersid, IAI (Praktisi Arsitek)
  4. Prof. Totok Rusmanto, M.Eng, IAI (Akademisi Arsitek)
  5. Prof. Dr. Ir. Yulianto Sumalyo, DEA, IAI (Akademisi Arsitek)

HADIAH SAYEMBARA*

  1. Pemenang Pertama    85 juta rupiah
  2. Pemenang Kedua    45 juta rupiah
  3. Pemenang Ketiga    35 juta rupiah

*pajak ditanggung oleh pemenang

JADWAL SAYEMBARA

Pengumuman Resmi Lewat IAI : 07 Februari 2014
Pendaftaran On-Line : 07 Februari  – 06 Maret 2014
Aanwijzing Jakarta : 21 Februari 2014  (di Kemlu, jam 14.00 WIB)
Pemasukan Materi (Batas akhir) : 06 Maret 2014
Penjurian : 07 – 08 Maret 2014
Pengumuman Pemenang : 10 Maret 2014

SEKRETARIAT

Sekretariat Panitia Pelaksana Penyelenggaraan Sayembara Konsep Desain Gedung Pusat Budaya Indonesia (PBI) di Dili, Timor Leste Bidang Penghargaan Dan Sayembara Karya Arsitektur Ikatan Arsitek Indonesia Gedung Jakarta Design Center, lantai 7 Jl. Gatot Subroto, kavling 53 Jakarta 10260 Telp : 021-5304715 / 021-5304623 Contact Person:

  • Putri
  • Titi
  • Christine

 

SAYEMBARA GEDUNG PBI