rumah anda cermin anda!

Minggu lalu seorang teman saya mengeluh tentang besarnya biaya yang dibutuhkan dan sulitnya membersihkan rumah yang dia bangun setahun yang lalu. Rumah itu semakin “besar” setelah anak-anaknya melanjutkan kuliah di kota lain. Dia tidak menyadari bahwa ruangan yang luas dan rumah yang besar akan selalu berbanding lurus dengan biaya pemeliharaan yang tinggi.

Dalam mendesain rumah tinggal, ada beberapa data yang harus dianalisa sebelum desainnya dibuat. Secara makro, data tersebut meliputi lokasi lahan, arah utara, bentuk & ukuran lahan, denah & foto rumah asli bila sudah ada rumah di atas lahannya, foto lokasi dan lingkungan sekitarnya, peraturan KDB (koefisien dasar bangunan, persentase luas lahan yang dibutuhkan untuk membuat desain yang kontekstual dan sesuai dengan karakter keluarga yang dimiliki.

Data-data mikro seperti kebutuhan ruang, dana yg disediakan, sumber pendanaan, foto, daftar material yang sudah dimiliki. Data yang berasal dari cerita tentang keluarga, foto keluarga, hobi, pekerjaan, karakter keluarga, falsafah hidup, suku, aktifitas sehari-hari dan akhir pekan, anak, dan sebagainya. Menyangkut apa saja supaya saya bisa memiliki gambaran tentang karakter keluarga. Apakah keluarga ada koleksi dan hobi khusus yang ingin diungkapkan dalam karakter rumah nantinya ? Ada tujuan ekonomis tertentu untuk rumah itu nantinya? Misalnya akan digunakan untuk bisnis dan sebagainya. Jika ada, maka kegiatan / bisnis apa. Juga Cerita tentang kondisi di sekitar lahan. Koneksinya dengan infrastruktur lain, kondisi jalan, kekerabatan di lingkungan sekitar, pemandangan di sekitar lahan, apakah ada yang unik? Apa ada potensi alam yang bisa menambah kualitas rumah nantinya? Apa ada material bangunan unik/khas di sekitar sana? Atau apa ada supplier material besar di sekitar lahan yang memungkinkan pemakaian material bekas tapi unik pada calon rumah nantinya? Bagaimana kondisi tanah di lahan tsb? Apakah tergolong tanah lembek atau padat? Kualitas ruang seperti apa yang keluarga impikan? Atau apakah sudah ada konsep awal dalam benak keluarga tentang rumah yang nantinya akan ditinggali. Sebagai tambahan informasi, saat ini tinggal di mana? apakah sudah punya rumah / kontrak?

Semakin banyak data makro dan mikro yang dimiliki akan semakin baik. Data dan fakta-fakta tersebut akan digunakan sebagai bahan analisa untuk menghasilkan desain rumah yang efektif, efisien, konseptual, dan kontekstual. Karena sesungguhnya setiap rumah dan hunian memilki konsep dan karakter yang berbeda-beda sesuai dengan gaya hidup dan karakter pemiliknya. Rumah anda cermin kepribadian anda !

(Wahyullah Bandung, arsitek & pengamat kota)