geliat properti 2012 di balikpapan

(Menuju Balikpapan Kota yang nyaman huni)

Balikpapan sebagai kota tujuan utama dikalimantan memiliki daya tarik yang luar biasa kepada investor disektor properti. Balikpapan memiliki semua syarat sebagai tempat yang nyaman untuk dihuni semua kalangan. Suasana kota yang ramah dan kondusif serta ketersediaan infrastruktur kota yang lengkap menjadi alasan utama investor menanamkan modal di Balikpapan.

Jika mengacu kepada data tahun lalu, penyebab utama laju inflasi dikota Balikpapan sejak awal 2011, bersumber terutama dari inflasi kelompok bahan makanan (ikan segar) dan biaya tempat tinggal (kontrak rumah, sewa rumah dan bahan bangunan). Data dinas tata kota dan perumahan di tahun 2011 yang merilis dari target 82.071 unit bangunan yang direncanakan dibangun, hanya terealisasi sekitar 23.098 unit atau hanya 28,14 % saja. Kondisi ini seakan memberi angin segar kepada pengusaha properti dan sub sektornya untuk lebih menggenjot pencapaian di tahun 2012. Pengembang harus memiliki kreativitas dan inovasi dalam memasarkan properti terutama dalam menganalisa dan memilih segmentasi pasar properti dibalikpapan.

Segmentasi pasar perumahan ditahun 2012 seharusnya terbagi secara merata berdasarkan tingkat kebutuhan dan daya beli masyarakat. Setiap segmen memilki pasar tersendiri di Balikpapan. Rumah-rumah type mewah berbanderol 1 milyar keatas masih akan terus dicari masyarakat yang membeli, berinvestasi, dan menyewakan hunian itu kepada masyarakat yang membutuhkannya. Masyarakat yang membutuhkan hunian ini banyak bekerja disektor migas, pertambangan, dan perkebunan kelapa sawit. Pasar hunian ini membutuhkan lingkungan yang  private dan sistem keamanan dan kenyamanan yang terintegrasi (one gate system).

Sebagai kota yang nyaman huni, pengembang perumahan yang paling banyak berkiprah dibalikpapan adalah pengembang yang menyasar kalangan menengah. Kalangan ini terdiri dari karyawan perusahaan swasta dan pegawai negeri sipil, pengusaha muda, dan kalangan yang memilki gaya hidup dengan aktivitas tinggi serta dituntut untuk bergerak serba cepat dan praktis. Pasar ini akan banyak memilih untuk membangun rumah dengan konsep design modern minimalis. Segmen ini bisa digarap maksimal dengan banyak melakukan promosi yang kreatif dan efektif, yakni menawarkan konsep-konsep baru yang menarik dan lebih fokus kepada isu global tentang gaya hidup dan pembangunan yang berkelanjutan (suistanable  and environmentaly development).

Kejutan yang dibuat salah satu pengembang dikawasan timur balikpapan, membuat masyarakat berduyun-duyun dan rela antri berjam-jam untuk mendaftarkan diri guna memilki rumah murah dengan harga dikisaran 20 jutaan. Seakan memberi bukti bahwa masyarakat Balikpapan masih banyak yang membutuhkan hunian yang murah dan terjangkau,  Belum banyak pengembang yang menggarap segmen ini, padahal yang membutuhkannya sangat banyak. Harga tanah yang sangat mahal dibalikpapan menjadi salah satu kendala utama mengembangkan rumah murah ini.

Perlu terobosan baru dengan lebih membantu pengembang berbasis usaha kecil dan menengah dalam mengembangkan unit-unit rumah murah dan sehat dalam skala-skala kecil disetiap wilayah Balikpapan. Perumahan dengan 5-10 unit ini juga bisa dilaksanakan secara mandiri oleh masyarakat diberbagai wilayah kota. Agar harganya terjangkau, diperlukan bantuan dari pemerintah dengan memberi kemudahan perijinan serta kemudahan mendapatkan bantuan kredit lunak dari bank penyedia KPR.

Geliat hunian seperti rumah sewa dan rumah susun sewa atau milik, hotel dan apartemen di Balikpapan akan semakin diminati. Tingginya permintaan rumah sewa, kontrak bangunan, dan bahan bangunan ditahun 2011 diprediksi akan tetap berlangsung dalam skala yang lebih tinggi ditahun 2012. Pasar rumah susun akan semakin meningkat dengan dukungan perda rumah susun dan budaya masyarakat Balikpapan yang mudah menerima hal-hal yang baru yaitu tinggal dihunian vertikal (rumah susun sewa atau milik dan apartemen). Sisi positif pengembangan mall dan pusat perbelanjaan baru akan membentuk titik-titik baru pengembangan Kota Balikpapan. Jika Pelabuhan Kariangau bisa beroperasi ditahun 2012, maka hunian-hunian juga akan tumbuh seiring dengan berkembangnya fasilitas diwilayah tersebut.

Di tahun 2012 juga diprediksi permintaan rumah dan interior dengan design minimalis juga masih tetap tinggi. Trend model rumah minimalis 2012 nanti akan semakin menonjolkan konsep alam dan kedekatan dan ketergantungan manusia dengan lingkungannya. Hal ini dipengaruhi oleh gerakan cintai bumi yang semakin mendapat simpati dan respon dari banyak pihak. konsepnya tetap minimalis namun unsur alam akan dimasukkan kedalam design sehingga lebih kelihatan natural dan tidak kaku. Unsur alam yang dimasukkan ke dalam design rumah minimalis 2012 ini dapat berupa penggunaan bahan serta akan terlihat jelas pada design perabot interiornya. Trend warna juga akan semakin mengeksplorasi kekayaan warna-warna elementer yang bisa ditemukan dengan mudah dilingkungan sekitar.

Dukungan gerakan penanaman 1 milyar pohon tidak hanya direalisasikan dengan menanam pohon diatas tanah saja, tetapi mengajak masyarakat untuk ikut serta melakukan gerakan ini dirumah masing-masing. Gerakan penghijauan digedung-gedung dan hunian-hunian ditengah-tengah kota (urban farming) dengan tanaman-tanaman yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat. Berkebun diatap rumah/roof garden disetiap atas atap bangunan, dinding hijau/green wall unit-unit hunian berupa rumah, hotel, rumah susun, apartemen, mall dan pusat perbelanjaan yang telah menjadi trendsetter diseluruh dunia sejak beberapa tahun yang lalu.

 Wahyullah Bandung  IAI, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia Balikpapan